elecodelospasos.net

Cara benar dalam berdemokrasi

Kenali Macam Demokrasi, Mulailah Bersuara

Posted on February 3, 2020  in Blogging

Sistem demokrasi sebenarnnya sudah mulai sejak zaman Yunani dulu. Dimana dengan adanya sistem ini rakyat bisa langsung terlibat mengenai pengambilan keputusan yang menyangkut dalam suatu negara tersebut. yang intinya bahwa keseluruhan dari perkara kenegaraan memang harus dibicarakan lansgung dengan para rakyatnya. Hal ini pada zamannya bisa disebut dengan demokrasi murni atau demokrasi langsung. Namun, dalam hal modern ini sudah tidak bisa memberlakukan hal semacam itu. Dan saat ini untuk menyampaikan aspirasi tersebut maka di buatlah DPR ( Dewan Perwakilan Rakyat ).

Dalam aturan atau ketetapan berdemokrasi. Kita harus mengetahui juga macam dari demokrasi yang ada di negara kita sendiri. Hal ini dinilai agar nantinya, setiap warga atau rakyat ketika memulai bersuara bisa mengikuti alur dari demokrasi tersebut. dan akan tetap berada pada tujuan dari demokrasi itu sendiri.

Jika kalian belum tahu mengenai macam-macam demokrasi, maka kali ini kita akan berikan sedikitnya mengetahui berbagai macam demokrasi yang jalan di negara kita ini.

Macam Demokrasi Yang Berlaku

Dengan adanya pengertian demokrasi di pada artikel sebelumnya. Kalian juga harus mengetahui macam-macam demokrasi agar tidak salah dalam mengaspirasikannya.

# Berdasarkan Pada Penyaluran Kehendak Rakyat

  • Demokrasi Langsung : dimana untuk sistem pemerintahan ini akan langsung melibatkan rakyat. Terkhusus sekali dalam pengambilan keputusan . contoh : pemilu.
  • Demokrasi Tidak Langsung : dalam hal ini tidak melibatkan warga secara langsung, namun memakai wakil dari para rakyat yang ada di negara tersebut. sebagai contoh : melalui DPR, DPD, dan DPRD.

# Berdasarkan Fokus Perhatian

  • Demokrasi Material

Dimana dalam sistem ini tidak akan mengurangi kesenjangan politik sedikit pun. Dan biasanya ini berfokus kepada bidang ekonomi.

  • Demokrasi Formal

Untuk demokrasi ini, tidak akn mengurangi kesenjangan ekonomi sedikit pun di dalam suatu negara. Dan biasanya demokrasi ini akan berfokus kepada bidang politik.

  • Demokrasi Gabungan

Dinamakan gabungan sudah pasti sistem ini memakai sistem kolaborasi material dan juga ada yang formal.

# Terapkan Nilai Demokrasi Secara Benar

Praktek dari berdemokrasi itu sendiri bisa terlihat dari mana gaya hidup atau suatu tatanan dalam amsyarakat itu sendiri. Dalam hal ini memiliki arti yang dimaksudkan, masyarakat harus memiliki nilai-nilai sebagai berikut.

~ jika terdapat suatu masalah maka , cara dalam menyelesaikan masalahnya dengan berdamai dan juga secara melembaga. Di dalam kehidupan berdemokrasi, perbedaan terhadap pendapat dan juga sautu kepentingan dianggap menjadi suatu hal yang wajar. Jika nantinya terjadi suatu perselisihan harus diselesaikan dengan secara baik-baik dan diharuskan menggunakan perundingan secara berdialog. Hal ini agar tersampainya KKM ( Kompromi, Konsensus, dan Mufakat ).

~ dalam berdemokrasi juga harus menjamin adanya keselenggaraan dalam suatu perubahan di dalam masyrakat yang ikut adil dalam hal tersebut. buatlah dengan keadaan damai dan tanpa perlu menambah amarah yang menimbulkan gejolak yang panas. Dalam hal ini pemerintah bisa ikut serta untuk menyesuaikan kebijaksanaannya terhadap perubahan-perubahan yang nantinya mungkin terjadi dalam hal demokrasi tersebut. dan diminta untuk bisa mengendalikannya.

~ dengan adanya demokrasi ini, diminta dapat membentuk suatu konsep penyelenggaraan dalam pergantian kepemimpinan secara teratur di dalam masyarakat yang demokratis, serta pergantian kepemimpinan atas dasar keturunan.

~ konsekuensi di dalam menekan penggunaan keekrasan yang di buata seminimal mungkin. Dalam hal ini yang akan terkena baisanya golongan minoritas yang akan terkena paksaan akan hal untuk ikut ikut merumuskan kebijakan serta harus terlindungi hak-hak yang dimilikinya tersebut.

~ harus mengakui dan menganggap wajar adanya suatu keanekaragaman masyarakat Indonesia ini. menghargai adanya kebebasan dalam politik, dan menciptakan sikap masyarakat yang terbuka yang dinilai bisa di mengerti satu sama lain. Namun, dalam hal keanekaragaman ini tidak semerta bisa menimbulkan paham “Disintegrasi” dan akan teteap berada dalam kerangka persatuan bangsa dan negara.

~ keadilan harus tercipta dan terjamin di seluruh lini kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam masyarakat demokratis , keadilan ini merupakan bagian dari cita-cita bersama yang menjangkau seluruh anggota masyarakatnya tersebut.