elecodelospasos.net

Cara benar dalam berdemokrasi

Miliki Sikap Demokrasi Benar Melalui Pendidikan Politik

Posted on February 3, 2020  in Blogging

Kita merupakan negara yang menganut pada sistem demokrasi dan juga bernegara dalam bentuk republik. Nah, perilaku ini lah yang harus kita terapkan sejak dini agar nantinya kita bisa menjalankan demokrasi itu sendiri dengan benar dan tidak salah dalam mengartikannya. Secara khusus, sikap dalam demokratis ini dapat diartikan sebagai suatu kesiapan atau kecenderungan terhadap suatu tingkah dengan tujuan utama untuk mencapai suatu kepentingan bersama.

Dalam menerapkan sikap demokratis ini bisa kalian alkukan dengan menerapkannya di kediupan kalian sehari-hari. Sikap ini bisa kalian mulai dari keluarga yang dimana nantinya kelaurga ini akan memperluas lagi organisasinya itu. Agar kalian tidak salah menerapkan, bisa lakukan cara-cara penerapannya yang benar melalui artikel yang satu ini.

Penerapan Demokrasi Yang Benar Dalam Berbangsa

Untuk melakukan penerapan tersebut secara baik dan juga benar, bisa kalian lakukan dengan kegiatan semacam ini :

  1. Kegiatan pemilu dan pilda.
  2. Pembagian terhadap kekuasaan negara menjadi Eksekutif, Legislatif, serta yudikatif.
  3. Kebebasan terhadap pers yang mengharuskan bertanggung jawab dan juga harus indipenden.
  4. Kebebasan dalam berserikat, berkumpul dan juga ikut dalam mengeluarkan sebuah pendapat.

Dengan adanya hal tersebut, maka akan tercipta suatu kebudayaan demokrasi. Yang bis kalian lihat baik dalam infrastruktur serta suprastruktur. Perilaku budaya berdemokrasi ini bisa kalian terapkan dalam kehidupan berbangsa ,bernegara dan juga pastinya dalam bermasyarakat. Dengan begitu kondisi ini bisa menciptakan suasana yang sangat amat mendukung terwujudnya maysrakat yang madani.

Menerapkan Budaya Demokrasi Di Lingkungan

  1. Mengakui kesalahan yang telah di buatnya.
  2. Bersedia hidup bersama-saam denganw arga massyarakat tanpa adanya diskriminasi.
  3. Menghormati pendapat orang lain yang pastinya berbeda dengan pendapatnya sendiri.
  4. Menyelesaikan masalah dengan tindakan kompromi.
  5. Tidak adanya niat untuk menang sendiri antar warga negara yang ada.
  6. Mau menjaga kedamaian dalam bermasyarakat.
  7. Mengatasi masalah yang ada dengan pemikiran yang jernih.
  8. Jika kalian tinggal di suatu desa, maka kalian harus mengikuti kegiatan rembug desa atau musyawarah desa.
  9. Adanya berdemokrasi rutin misalnya dengan gotong royong dalam hal keja bakti.
  10. Bersama-sama memberikan suatu usulan demi terciptanya kemajuan masyarakat bersama.

Memiliki Pedoman Dalam Budaya Berdemokrasi

Di Indonesia sendiri sudah mulai adanya perkembangan budaya demokrasi dalam Pancasila. Dimana dalam hal ini bisa kalian artikan bahwa demokrasi ini akan berlandakan atau berpedoman langsung pada asas kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dimana perwakilan ini berketuhanan pada Tuhan yang Maha Esa. Itninya dalam hal ini kalian ahrus berpedoman terhadap nilai-nilai yang terkadung pada 5 sila dalam Pancasila.

Budaya demokrasi Pancasila ini mengakui adanya sifat dan kodratnya manusia sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial di dalam kehidupan masyarakat, berbangsa serta bernegara. Yang sebagaimana kita ketahui rumusan dalam sila ke-4 di dalam pancasila ini sebagai dasar dari filsafat negara dan juga sebagai sautu dasar dalam berpolitik negara. Dimana dalam rumusan tersebut terkandung unsur mengenai “ Kerakyatan, Permusyawaratan, serta kedaulatan rakyat yang merupakan cita-cita filsafat yang tertinggi dari demokrasi pancasila.

Peran serta warga negara di dalam mewujudkan pelaksanaan di dalam demokrasi pancasila, diantaranya itu utnuk menjunjung tinggi budaya demokrasi pancasila yang meliputi semangat di dalamnya yaitu :

  • Memiliki Kebersamaan.
  • Memiliki Kekeluargaan.
  • Memiliki Keterbukaan .
  • Memiliki kebebasan yang bertanggung jawab.
  • Keadilan bagi tiap warganya.

Sebenarnya tujuan awal dalam berdemnokrasi ini memiliki tujuan terhadap penerapan demokrasi lebih befokus pada biang politik yang ada di negara melalui sistem pemerintahan tersebut. Wujud penerapannya ini meliputi : penyelenggaraan terhadap pemilihan umum, perganti pemegangan kekuasaan ke dalam pemerintahan, kebebasan menyatakan dalam berpendapat dan juga lain-lain.

Dalam perkembangannya konsep demokrasi ini bisa diterapkan di dalam berbagai bidang kehidupan. Nah, kehidupan ini meliputi :

  • Ekonomi
  • Pendidikan
  • Sosbud ( sosial budaya)
  • Serta bdiang kemasyarakatan lainnya.

Dengan begitu demokrasi tidak akan bernilai sempit terhadap banyak peranan di dalam kehidupan bernegara dan juga berbangsa.