elecodelospasos.net

Cara benar dalam berdemokrasi

Prinsip Benar Dalam Berdemokrasi Sesuai Pancasila 1

Posted on February 25, 2020  in Blogging

Kalian semuanya pasti tahu, bahwasannya dasar dari negara kita yakni UUD 1945 yang dilandasi dengan adanya Pancasila. Dimaan Pancasila ini langsung dirumuskan serta dibentuk oleh Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau istilahnya adalah BPUPKI. Yang dimana langsung ditetapkan menjadi dasar dari NKRI. Kedudukan dari Pancasila ini memang sangat penting bagi keberlangsungan Bangsa Indonesia ini.

Pancasila adalah Ideologi Nasinalnya Indonesia, jadi wajar jika hal ini tidak dapat digantikan oleh apapun itu. Para pendahulu kita sebelumnya disebut dengan kata Founding Fsather yang diaman mereka ini telah menyusun serta menetapkan isi dari Pancasila sesuai dengan kondisi dan juga situasi bangsa Indonesia ini. dimana jika ditanya oleh orang luar apa yang mewakili bangsa Indonesia ini ? jawabannya hanya 1 yakni : Pancasila yang mewakili Bangsa Indonesia dengan memiliki tujuan nasional bangsa Indonesia itu sendiri.

Apa Itu Demokrasi Pancasila ?

Sebagtai salah satu negara yang memang berpegang teguh akan adanya Pancasila, pelaksaan demokrasi di indonesia ini juga harus bisa dilandaskan pada Pancasila. Maka dari itu, kalian harus bisa mengenal adanya Demokrasi Pancasila ini. untuk pengertiannya juga memiliki arti yang berbeda dari para ahli , namun maknanya akan tetap sama dengan tujuannya.

Berikut ini pengertian dari para ahli yang ada :

  • Ahli, Notonegoro

Dimana Demokrasi Pancasila ini didasarkan pada ajaran Ketuhanan Yang Maha Esa dan juga berprikemanusiaan yang adil dan juga beradap yang bisa menyatukan Indonesia serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ini.

  • Ahli, Kansil

Sejarah dari Pancasila serta dari Demokrasi Pancasila ini dilaksanakan pada sistem pemerintahan Indonesia yang menjadi bentuk penerapan dari sila ke4 Pancasila. Dimana jika diartikan bahwasannya Demokrasi Pancasila ini didasari oleh Hikmat dan juga kebijaksanaan dalam permusyawaratan serta perwakilannya.

  • Menurut Ensiklopedia Indonesia

Paham ini adalah paham yang dianut oleh Indonesia yang didalmnya terdiri dari berbagai bidang yang ada yakni, Politik, Sosial dan juga Ekonomi. Demokrasi pancasila ini juga merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di negeri ini. penyelesaian masalah Nasional ini dilakukan dengan permusyawaratan dan juga perwakilan guna mencapai suat kesepakatan atau suatu mufakat.

Prinsip Dasar Demokrasi Pancasila

NKRI memang menganut budaya berdemokrasi Pancasila. Dimana ini sudah menjadi salah satu kebudayaan berdemokrasi yang memang harus dilandasi oleh Pancasila sebagai salah satu dasar negara yang ada di Indonesia ini. Demokrasi pancasila ini emmang sudah sangat menjadi salah satu budaya bangsa yang harus dilaksanakan dengan menggunakan beberapa prinsip penting agar tidak salah dalam penerapan demokrasi Pancsila ini.

Prinsip ini memang digunakan sebagai salah satu acuan atau rel kalian dalam menentukan arah pelaksanaan demokrasi Pancasila dengan baik dan juga benar. Berikut ini adalah prinsip yang bisa kalian laksanakan sebaik mungkin.

#1 Prinsip Berdasarkan Pada Ketuhanan Yang Maha Esa

Mengenai adanya sistem politik Indonesia dan juga pelaksanaan terhadap Demokrasi Pancasila ini harus didasari oleh sila pertama. Indonesia memang mengakui adanya 6 agama yakni ; Islam, Katolik, Budha, Hindu, Kristen, dan juga Kong Hu Cu. Hal ini mengenai pelaksanaanya sudah diwakili dengan pelaksanaan sebagai berikut :

  • Demokrasi didasari Ketuhanan Yang Maha Esa yang berarti pelaksanaanya memang ahrus dilandasi akan adanya rasa takut terhadap Tuhan.
  • Penanaman dari rasa takut akan Tuhan bisa diharapkan menjadi suatu benteng pondasi yang kokoh agar nantinya pelaksanaan dari demokrasi ini terhindar dari perbuatan yang tercela.
  • Bagaimana juga, penerapan ini harus bisa didasarkan pada Pancasila yang menjadi dasar dari negara, terkhusu lagi pada sila pertama ini.

Setelah semuanya kalian lihat dan terapkan, barulah Indonesia ini didukung peranannya sebagai salah satu negara yang menganut paham  demokrasi. Dimana didalamnya ini diisi oleh berbagai macam bentuk-bentuk demokrasi yang merupakans alah satu Interpretasi usaha Indonesia untuk memenuhi yang namanya kebutuhan dalam bermasyarakat.

Selanjutnya akan kita bahas pada next Artikel yang kita buat ya guys. Jika kalian menginginkan kelanjutannya, langsung yuk cek artikel berikutnya, let’s go..