elecodelospasos.net

Cara benar dalam berdemokrasi

Pahami Contoh Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung dalam Kehidupan

Posted on January 27, 2021  in demokrasi

Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit, yang pastinya benar-benar membutuhkan suatu sistem pemerintahan yang tepat agar kehidupan berbangsa maupun bernegara bisa berjalan dengan sebaik mungkin sesuai dengan tujuan pada pembangunan nasional negara yang bisa tercapai. Maka dari itu, sejak adanya zaman Yunani Kuno dulunya, sudah banyak sekali para filsuf yang mana memikirkan berbagai macam formula tepat untuk menjalankan pemerintahan di negara tersebut. 

Berbagai macam pemikiran para Filsuf tersebut yang kemudian bisa diadopsi oleh banyaknya negara di dunia. Dan salah satunya yakni Demokrasi. Dimana Demokrasi pertama kali sudah diterapkan di Kota Athena pada abad ke-6 SM. Dalam artian secara umum, kata demokrasi langsung merujuk sebagai kekuatan dasar untuk bisa mengungkapkan segala sesuatu yang sebenarnya bertentangan dengan hak kita sebagai rakyat. Secara singkat, demokrasi ini sendiri menjadi Pemerintah dari Rakyat – oleh Rakyat dan akan kembali Untuk Rakyat. 

Untuk saat ini pelaksanaan dari demokrasi sendiri sudah memiliki banyak sekali keragaman. Semua tergantung pada budaya daerah yang mana Demokrasi tersebut sudah diterapkan. Hal ini mampu menyebabkan adanya beberapa jenis demokrasi yang biasa kita kenal. Salah satu pembagian dari demokrasi yakni dibagi langsung berdasarkan dari peran serta rakyat dalam hal pengambilan keputusan. Pembagian dari demokrasi ini sendiri ada pada Demokrasi Langsung dan Demokrasi Tidak Langsung. Kira-kira seperti apa ya contohnya yang benar dalam demokrasi tersebut ? 

Pengertian Langsung dari Demokrasi Langsung 

Dimana ini masuk ke dalam jenis Demokrasi Rakyat sebagai tokoh utamanya dengan memiliki kebebasan secara Absolut untuk memberikan pendapatnya dalam setiap hal. Nah secara lanjut, semua pendapat atau aspirasi rakyat dimuat dengan cepat dalam suatu pertemuan tertentu. Hal ini memang dikarenakan setiap rakyat yang ikut serta dalam musyawarah memiliki kemungkinan yang jauh lebih besar untuk bisa bertemu dalam satu tempat saja. 

Lain sisi, ruang lingkup permasalahan dari jenis demokrasi ini adalah dengan memiliki sifat yang kecil. Berarti demokrasi langsung sendiri tidak dapat untuk diterapkan pada ruang lingkup negara atau permasalahan masyarakat yang lebih kompleks lagi. Selain itu, kebijakan yang memang diambil dalam musyawarah akan jauh lebih tepat sasaran karena rakyat sendiri yang sedang mengalami permasalahan dan juga mencari solusinya secara bersama-sama. Kegiatan yang sudah dilakukan pemerintah juga dapat dengan mudah diawasi oleh rakyat karena adanya transparansi yang baik sehingga rakyat menjadi jauh lebih percaya kepada Pemerintah. Hal ini menjadi salah satu faktor yang sudah mempengaruhi partisipasi politik masyarakat. 

Pengertian Atas Dasar Demokrasi Tidak Langsung 

Memiliki sifat yang mana berkebalikan dengan adanya pengertian dari Demokrasi Langsung. Contoh dari Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung memang akan memiliki sistem penyampaian pendapat rakyat yang berbeda-beda. Untuk dapat menyampai kan pendapatnya, rakyat yang memang diharuskan untuk menyampai kan pendapat tersebut kepada perwakilan rakyat. Kemudian, di sini perwakilan rakyat itu dan meneruskan pendapat rakyat pada musyawarah pengembalian keputusan terkait dari suatu masalah tertentu. Jenis dari Demokrasi yang satu ini memang sangat amat cocok untuk diterapkan pada negara yang sudah memiliki tingkat permasalahan yang jauh lebih kompleks dan juga jumlah rakyat yang besar. Demokrasi tidak langsung bisa disebut sebagai demokrasi atas perwakilan. Jadinya, mekanisme ini berjalan dari perwakilan rakyat yang langsung saja dipilih oleh rakyat. 

Perwakilan rakyat yang ada di dalam negara memang menggunakan adanya sistem Trias Politica dari John Locke termasuk ke dalam sebuah kategroi lembaga legislatif yang mana selain memiliki fungsi perwakilan, dirinya juga menjadi lembaga pembentuk undang-undang yang berlaku di negara. Karena memang terdapat banyak sekali rakyat yang harus sekali diwakili, maka perwakilan rakyat ini dituntut untuk senantiasa peka terhadap permasalahan yang suadh terjadi di tengah masyarakat dan aktif sekali dalam menjaring aspirasi dari rakyat sera bisa menyampaikan aspirasi tersebut kepada lembaga eksklusif. Perwakilan rakyat memiliki sebuah amsa jabatannya sendiri dan apabila masa dari jabatan tersebut sudah berakhir, maka di sini rakyat berhak untuk bisa memilih perwakilan rakyat lainnya. Hal ini memang menjadi salah satu manfaat kehidupan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, yang mana rakyat bisa saling bergantian menjadi perwakilan rakyat. 

Contoh yang ada di Demokrasi Langsung 

Seperti yang sudah disampaikan diatas tadi, dimana untuk demokrasi langsung sendiri tidak bisa digunakan oleh negara maupun masyarakat dengan adanya permasalahan yang kompleks. Namun masih ada kalanya demokrasi langsung ini digunakan oleh suatu negara dalam rangka suatu kegiatan politik tertentu. Nah disini agar kiranya kalian bisa menambah wawasan langsung secara luas, maka dibawah ini ada uraian lanjutan yang bisa kalian ketahui dari beberapa contoh dalam demokrasi langsung itu sendiri secara benar. 

1.1 Contoh dalam Pemilihan Umum 

Pada dasarnya pemilihan umum ini biasa warga Indonesia singkat menjadi Pemilu. Dimana ini menjadi salah satu pesta demokrasi terbesar bagi setiap negara yang ada di negara yang menjalankannya. Di dalam pemilihan umum ini, masih terdapat berbagai macam jenis-jenis dari pemilihan umum yang memang berbeda. Semuanya akan bergantung pada siapa yang dipilih dalam pemilu tersebut. Entah itu presiden dan juga wakil presiden, atau antara anggota legislatif. Pemilu juga menjadi bentuk atas demokrasi langsung dikarenakan semua rakyat memiliki hak yang sama untuk bisa memilih calon yang akan dikehendakinya. Saat ini memang pemilu pada tingkat negara menjadi hal yang begitu rawan akan praktek korupsi – kolusi dan nepotisme ( 2K, 1N ) sehingga harus benar-benar diawasi. 

1.2 Contoh dalam Demonstrasi atau Sebuah Unjuk Rasa 

Salah satu cara  yang memang benar dalam mengemukakan adanya suatu pendapat adalah dengan melakukan sebuah hal demonstrasi atau sebuah unjuk rasa nyata. Unjuk rasa ini terjadi biasanya memang secara massal atau oleh beberapa kelompok dalam jumlah yang memang besar atau tidak terhitung. Salah satu demonstrasi yang paling besar atas pengaruhnya adalah yang dilakukan di Indonesia dari Rakyat dan Para Mahasiswa menduduki gedung MPR dan DPR sebagai ajang dalam menuntut turunnya Presiden Soeharto di tahun 1998 silam. Dikatakan sebagai salah satu contoh dari Demokrasi langsung dikarenakan, memang dalam kondisi dari demonstrasi rakyat bisa menyampaikan pendapat mereka secara langsung melalui orasi besar-besaran. 

1.3 Contoh dalam pemilihan Kepala Desa 

Sama seperti ketika memilih presiden dan anggota legislatif. Dimana pemilihan dari kepala desa juga menjadi salah satu contoh pelaksannaan demokrasi langsung di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan pada tingkatan organisasi pemerintahan yang kecil seperti halnya Desa, rakyat juga masih mampu untuk menyalurkan suaranya dalam pemilihan kepala desa untuk memilih calon yang telah dikehendakinya. Desa juga menjadi pilar dari pembangunan suatu negara, maka sebab itulah warga negara harus benar-benar berhati hati dalam memilih kepala negara maupun kepala desa

,